10 Malaikat Allah Beserta Rupa, Sifat dan Tugasnya

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang paling patuh dan taat kepada perintah Allah SWT, mereka memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan perintah Tuhannya. Ada banyak jumlah malaikat di dunia ini, namun yang wajib kita imani adalah 10 malaikat yang masing-masing punya tugas khusus dan berhubungan dengan keadaan makhluk Allah SWT.

Iblis ketakutan ketika melihat malaikat, keduanya adalah makhluk halus yang ada dan hidup berdampingan dengan manusia. Sebagai tambahan informasi untuk anda, saya akan memberikan fakta tentang 10 malaikat Allah SWT beserta beberapa gambaran bentuk dan sifat serta tugasnya masing-masing.

1. Malaikat Jibril
Tugas Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada nabi dan rasul. Jibril menyelesaikan tugas terakhirnya kepada nabi Muhammad SAW ketika harus menyampaikan wahyu yang berupa Al-Qur'an yang agung.

Menurut beberapa informasi yang saya baca, Jibril memiliki bentuk yang sangat besar dan rupawan, memiliki 600 sayap yang terbentang dari timur ke barat, memakai busana kebesaran yang berwarna putih seperti mutiara dan menutupi cakrawala. Malaikat Jibril adalah pemimpin para malaikat agung yang setia kepada Allah SWT.

2. Malaiakat Mikail
Tugas malaikat Mikail adalah memberikan rizki atau rejeki kepada setiap makhluk Allah SWT sesuai dengan haknya masing-masing. Selain itu, dia juga mengatur air, menurunkan hujan, petir dan lain sebagainya yang berhubungan dengan rejeki.

Menurut informasi, malaikat Mikail memiliki wujud dengan jubah hijau jamrud memenuhi langit, tiap helai rambutnya berisi ribuan wajah yang mengagungkan Allah SWT, dari kepala hingga kaki berbulu za'faron, jika air di seluruh bumi disiramkan maka tidak akan sampai menetes yang menunjukkan besarnya. Sejak neraka diciptakan Allah SWT, malaikat Mikail tak pernah lagi tertawa.

3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil memiliki tugas khusus sebagai peniup terompet sangkakala atas tanda hari kiamat tiba.

Dikatakan bahwa malaikat Israfil adalah yang pertama diciptakan Allah SWT, memiliki 4 sayap, bentuknya tinggi sehingga bisa meraih tiang surga, selalu bertasbih dalam ribuan bahasa, di tubuhnya ada beberapa mulut yang tertutup hijab, dan bibirnya senantiasa berada di dekat ujung terompet menunggu perintah Tuhannya.

4. Malaikat Izrail
Tugas utama malaikat Izrail adalah mencabut nyawa semua makhluk atas perintah Allah SWT. Malaikat ini dijuluki sebagai malaikat maut dan semua makhluk akan berurusan dengannya.

Wujud malaikat Izrail dengan 4 wajah yang masing-masing digunakan untuk mencabut nyawa makhluk Allah SWT sesuai dengan kualitas amalnya. Tubuhnya dipenuhi bulu za'faron yang penuh dengan wajah, memiliki 4000 sayap, 70.000 kaki, bentuknya sangat besar dan menakutkan.

5-6. Malaikat Munkar dan Nakir
Tugas kedua malaikat ini adalah untuk menanyakan dan memeriksa manusia di alam kuburnya, pertanyaan dan jawaban itu diantaranya adalah : Siapa Tuhanmu? (Allah SWT) Siapa Nabimu? (Muhammad SAW) Apa Agamamu? (Islam) Siapa Imammu? (Al-Qur'an) Dimana kiblatmu? (Ka'bah) Siapa Saudaramu? (Muslimin dan muslimat).

Pertanyaan ini akan dijawab dengan mudah oleh orang alim, dan tidak akan bisa dijawab oleh orang kafir, dan jika jawaban mereka salah, maka malaikat Munkar dan Nakir akan menghantamnya dengan gada yang dibawanya. Namun ada sebagian golongan yang tidak akan ditanyai oleh malaikat ini di dalam kuburnya.

Dikatakan keduanya memiliki wujud dengan mata yang hitam solid, rentang bahu yang penjang, membawa palu/gada besar, lidahnya mengeluarkan api.

7. Malaikat Raqib
Malaikat ini bertugas mencatat amal baik yang dilakukan oleh manusia, maka beruntunglah jika malaikat Raqib sering mengunjungi kita karena kita banyak melakukan kebaikan di dunia ini.

8. Malaikat Atid
Berbeda dengan malaikat Raqib yang mencatat amal baik, malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia, menulisnya secara jelas selama hidup manusia hingga matinya.

9. Malaikat Malik
Pemimpin malaikat Zabaniah yang bertugas menjaga pintu neraka ini merupakan salah satu malaikat yang dikatakan memiliki rupa yang sangat menakutkan. Punya jumlah tangan dan kaki yang sama dengan jumlah ahli neraka, wajahnya sangat menyeramkan (ada riwayat yang mengatakan jika malaikat Malik menoleh ke arah neraka, api akan saling memakan karena ketakutannya. Malaikat Malik sangat kejam, tanpa kompromi, dan semoga kita tidak termasuk orang yang melihatnya di neraka.

10. Malaikat Ridwan
Berbeda dengan malaikat Malik yang menakutkan, Malaikat Ridwan yang bertugas menjaga pintu surga memiliki sikap yang baik dan lemah lembut kepada hamba Allah SWT yang beriman. Semoga kita berjumpa dengan malaikat Ridwan di Surga dan berada di dalam penjagaannya kelak.

Updated at: 12:35 AM

1 comments:

  1. Subhanallah yallah semoga kita senantiasa selalu diberi kesempatan umur untuk selalu istiqomah dalam beribadah amiinn....

    ReplyDelete