Antara Cobaan, Perjuangan, Sedekah, Tawakal & Pertolongan Allah SWT

Kali ini saya ingin menceritakan sebuah kisah yang membuat saya merinding, kisah ini saya dengar dari ceramah ustad Yusuf Mansur yang memang saya sukai. Sebuah cerita perjuangan yang benar-benar hebat menurut saya, bagaimana keyakinan, kenekadan, dan hal-hal gaib terjadi pada satu keluarga ini.

Suatu ketika ada seorang karyawan yang terkena PHK dari tempat kerjanya, dia hanya mendapatkan pesangon sebesar 2juta saja. Dalam keadaan kena PHK, dia juga sedang menunggu istrinya yang akan melahirkan anak mereka, yang menurut dokter tinggal menunggu 2 mingguan lagi.

Sebagai manusia normal, tentunya orang ini akan pusing tujuh keliling tentunya, mungkin bagi sebagian orang akan mengatakan bahwa dia mengalami kesialan berlipat ganda dengan masalah yang bertubi-tubi, namun ternyata suami istri ini adalah orang yang soleh. Ketika masalah datang, mereka segera memohon ampun kepada Allah SWT, memohon pertolongan, memohon petunjuk, dan mereka berserah diri kepada Allah SWT.

Hari kelahiran tiba, sang suami membawa istrinya ke bidan untuk proses persalinan, namun ternyata cobaan dari Allah SWT datang lagi menghampiri mereka. Bidan tersebut mengatakan ada kelainan pada kandungan istri dan anak yang ada di rahim, sang bidan menyarankan untuk membawa ke rumah sakit agar bisa ditangani lebih baik.

Akhirnya sang suami membawa istrinya ke rumah sakit, dan cobaan dari Allah SWT ternyata datang lagi saat sang dokter memvonis bahwa istri dan anaknya hanya memiliki kesempatan untuk bertahan hidup dengan presentase yang kecil karena keadaan mereka yang cukup kritis. Suami ini tetap yakin kepada Allah, dia menunggu istrinya melahirkan (entah dengan caesar atau normal tidak disebutkan) hingga sang anak lahir ke dunia.

Anak yang lahir ternyata kondisinya semakin memburuk, dan dokter sudah angkat tangan karena mereka tidak bisa memberikan penanganan lebih lanjut mengingat kondisi sang anak yang terus memburuk. Suami yang soleh ini melihat sisan uang pesangon dari tempat kerjanya, uang 2juta tinggal 1,6 juta saja, dan dengan keyakinannya dia menyedekahkan semua uangnya itu sampai habis, lalu dia bersujud memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Sungguh Allah SWT maha berkuasa, anak yang kondisinya memburuk tiba-tiba membaik tiap harinya, dan dengan kesabaran dan tawakal sang suami, akhirnya sang anak dinyatakan sehat dan bisa dibawa pulang ke rumah setelah 27 hari dirawat di rumah sakit.

Ternyata cobaan tersebut belum berhenti, biaya persalinan di rumah sakit tersebut kira-kira 27 juta jumlahnya, dan sang suami sudah tidak memiliki uang untuk menebusnya, sedangkan dia lupa membuat surat keterangan miskin karena sebelumnya sedang panik menghadapi keadaan anak dan istrinya yang mengkhawatirkan.

Tidak punya jamkesmas, askes, bpjs, dan bantuan lainnya, mengharuskan sang suami mencari pinjaman uang untuk biaya persalinan. Dia datang ke rumah salah satu temannya dan meminjam uang, namun temannya hanya memiliki uang 2juta saja.

Menyadari uang itu tidak cukup untuk membayar biaya RS, sang suami yang soleh ini kembali nekad, dia menyedekahkan semua uang pinjaman tersebut hingga tersisa 10ribu, dan uang sisa tersebut dia bawa ke dalam masjid. Di dalam masjid sang suami memasukkan uang tersebut ke dalam kotak amal, dia sholat dan berdoa sambil menangis karena dia sudah tidak tahu harus meminta bantuan kepada siapa lagi kecuali kepada Tuhannya.

Maha besar Allah dengan segala kekuasaan-Nya, disaat dia berdoa tiba-tiba datang seorang ibu-ibu yang mendengar do'a suami ini, dan sang ibu memberikan bantuannya dengan menyerahkan uang yang dibungkus kantong plastik hitam. Saking bersyukurnya, sang suami tidak menyadari bahwa sang ibu sudah pergi dan dia belum sempat berterimakasih kepadanya, dia lari mencari ibu-ibu yang membantunya, namun hampir seluruh ruangan rumah sakit dia datangi dan dia tidak bisa menemukan sang ibu yang menolongnya itu. Entahlah, itu apakah benar ibu-ibu atau jelmaan malaikat yang dikirimkan oleh Allah SWT.

Saat sang suami datang ke administrasi, dia belum tahu berapa uang yang ada di dalam kantong tersebut, dan saat dihitung, Subhanallah...jumlahnya pas 27juta. Biaya rumah sakit lunas, anak dan istrinya sehat, dan cobaan dari Allah SWT berhasil mereka lewati dengan suka cita.

Sungguh kekuasaan Allah SWT sangat luas, pertolongan-Nya sangat dekat, dan hanya kepada-Nya kita harus berserah diri. Sebuah kisah yang membuat saya merinding, bagaimana keyakinan seorang yang sedang dalam keadaan terjepit, bisa melalui segala cobaan yang tidak bisa diselesaikan dengan pemikiran manusia.

Updated at: 7:17 AM

0 comments:

Post a Comment